Definisi alat berat sendiri pada dasarnya tidak hanya pada pekerjaan konstruksi saja, tetapi juga dalam pekerjaan pertanian, truk pengangkut, traktor dan lain sebagainya. Disebut sebagai alat berat karena dibuat secara khusus untuk bekerja melakukan tugas – tugas yang berat secara efisien. Tujuan dari dibuatnya alat berat tidak lain untuk membantu pekerjaan agar jadi lebih mudah, efektif, dan cepat selesai.

Apabila berbicara mengenai ukurannya, alat berat ini memiliki ukuran yang cukup besar sebab memang di desain untuk melaksanakan fungsi konstruksi dan tugas – tugas berat lainnya. Berperan penting khususnya pada proyek – proyek konstruksi atau pun pertambangan juga kegiatan yang lain dengan skala yang lebih besar lagi, berikut ini adalah beberapa jenis alat berat dan penggunaannya yang perlu Anda ketahui.

Jenis Alat Berat dan Penggunaannya

Motor Grader

Motor Grader adalah jenis alat berat yang memiliki ukuran cukup besar, biasanya digunakan untuk meratakan permukaan tanah secara mekanis. Motor Grader bahkan kerap kali digunakan untuk penggusuran tanah, meratakan tanggul, pencampuran tanah, pengurugan kembali galian tanah, dan lain – lain.

Asphalt Finisher

Selanjutnya ada Asphalt Finisher yang berguna untuk menghamparkan campuran aspal. Kekurangan dari penggunaan alat berat tersebut adalah ada pada roda kelabang manuver yang lebih lama, yang mana roda tersebut memiliki daya ambang lebih kasar.

Mobile Crane

Lain halnya dengan Mobile Crane yang berguna sebagai alat pengangkut material. Alat berat satu ini bahkan bisa berpindah tempat dengan mudah, tetapi bisa bisa dimanfaatkan di permukaan air.

Pneumatic The Roller

Jika berbicara dari sisi fungsinya, Pneumatic The Roller tersebut berfungsi untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan berat seperti penggilasan bahan granular. Pneumatic The Roller bahkan baik pula digunakan pada penggilasan lapisan hot mix.

Bulldozer

Kalau yang satu ini merupakan alat yang biasanya digunakan untuk pengelolaan lahan. Misalnya saja sebagai alat pendorong tanah lurus ke depan atau ke samping, tergantung dari sumbu kendaraan yang digunakan. Sayangnya, penggunaan alat berat tersebut memiliki jarang tempuh yang cukup pendek, tetapi Bulldozer mampu menahan beban yang sangat berat.

Excavator

Alat berat excavator ukuran besar Excavator berikut ini adalah alat berat yang digunakan sebagai penggali tanah dan bisa pula digunakan sebagai alat pengangkut material ke dalam truk. Namun meskipun demikian, ternyata alat berat tersebut tidak bisa digunakan dalam jarak jauh.

Wheel Loader, Track Loader

Jika berbicara mengenai fungsi, Wheel Loader, Track Loader ini bisa difungsikan sebagai alat pemindah material. Cara kerja alat tersebut tidak jauh berbeda seperti Dozer. Tapi sayangnya alat ini memiliki jarak tempuh lebih pendek.

Motor Scraper

Terakhir ada Motor Scraper yang juga menjadi salah satu jenis alat berat multifungsi. Anda bisa menggunakannya untuk memotong lereng tanggul atau lereng bendungan. Selain tiu, Motor Scraper juga bisa digunakan untuk menggali tanah diantara bangunan beton atau meratakan jalan raya.

Demikin informasi tentang alat – alat berat yang biasa di gunakan di bidang konstruksi manufaktur jika kalian berminat atau membutuhkan rental crane cilegon bisa melalui PT. Sinar Samudera Abadi